Analisis Kebijakan Pendidikan: Tingginya Tingkat Stres Guru Honorer di Indonesia

Authors

  • Monita Utami Universitas Adzkia
  • Yulia Rudianto Universitas Adzkia
  • Ahsani Taqwima Universitas Adzkia

Keywords:

Pendidikan, Guru, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab stres pada guru yang disebabkan oleh kurangnya kesejahteraan guru honorer. Metode penelitiannya deskriptif, penelitian deskriptif berfokus pada penjelasan sistematis tentang fakta yang diperoleh saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan datanya menggunkan studi pustaka. Setelah data penelitian terkumpul, dilakukan Teknik analisis isi untuk mendapatkan hasil penelitian yang benar dan tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa banyak faktor yang membuat guru honorer mangalami stres adalah kurang diperhatikannya kesejahteraan guru honorer, seperti beban kerja yang tinggi, sarana pembelajaran yang kurang, gaji dan penghargaan yang rendah, ketidak pastian professional dan perilaku siswa. Guru adalah kunci keberhasilan pembelajaran, penting untuk meminimalisir stres guru dan memperhatikan kesejahteraan guru honorer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfanan, A., Ahmad, F., & Untari, F. J. K. J. (2021). Stres kerja dan kinerja pada guru honorer di daerah binaan VI Dewi Sartika Bantarkawung Brebes Jawa Tengah tahun 2021. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 3(1), 17–22.

Amanah, S., Tania, R. S., Putri, A., Prayoga, J., Mahendra, J., & Hakim, L. (2022). Paradigma Pemerintah Terhadap Upah Guru Honorer Dalam Persefektif Hukum. Jurnal Prp Hukum, 11(4), 308–318.

Azhar, F., & Iriani, D. U. (2021). Determinan Stres Kerja pada Aparatur Sipil Negara Dinas Pendidikan Kota Cilegon Saat Work from Home di Era Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 31(1).

Elfina, Rosi, and Rida Yana Primanita. Hubungan Antara Stres Kerja dengan Kepuasan Kerja Pada Guru Honorer di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16239-16247

Fadila, S. (2018). Hubungan Stres Kerja Dan Psychological Well Being Pada Karyawan PT. Rohul Sawit Industri Di Ujung Batu Rokan Hulu [Universitas Islam Negeri]. https://repository.uin-suska.ac.id/13376/

Gaol, Nasib Tua Lumban (2021). Faktor-faktor penyebab guru mengalami stres di sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 17-28.

Gunawan, L, R & Hendriani, W. (2019). Psychological weel-being pada guru honorer Indonesia: A literature review. Psikoislamedia jurnal psikologi, 4(1): 105-113.

Megawanti, P. (2015). Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Nur, Yusuf Muhammad, and M. Ahkam Alwi (2023). Hubungan Psychological Wellbeing dengan Stres Kerja Guru Honorer SMA Sederajat di Kecamatan Bulukumpa. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10).

Sembiring, E. E. B., Solang, D. J., & Sengkey, S. B. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Guru Honorer Sekolah Dasar Di Kota Tomohon. Psikopedia, 4(4), 293-298.

Wongkar, Claudia, Mareyke Sepang, and Syenshie Wetik. (2023). Beban Kerja Guru Dapat Meningkatkan Stres Kerja Selama Masa Pandemi Covid-19. Watson Journal of Nursing, 1(2), 41-51.

Downloads

Published

2024-07-12

How to Cite

Utami, M., Rudianto, Y., & Taqwima, A. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan: Tingginya Tingkat Stres Guru Honorer di Indonesia . Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 40–48. Retrieved from https://jurnal.cahayapublish.com/index.php/jipp/article/view/12